🗒 Tulisan untuk teman-teman members

Gimana ceritanya 'Synthesize data to design' ada di bagian ideation?

Dear UX Enthusiast khususnya para members,

Sudah cukup lama blog ini tidak terupdate ya. Memang saya berusaha menulis blog di sini dibedakan dengan blog-blog saya di luar atau jika beberapa blog desain yang sama dengan blog saya di luar juga tidak apa-apa, sih tapi kalau di sini saya usahakan yang berkaitan tentang materi atau jika ada yang sekiranya urgent atau sekiranya menarik ingin disampaikan. Memangnya ada hal urgent dalam desain? 🤔😁 ada aja jika terkait attitude, kevalidan ilmu, berbagi source dll yang saya merasa tanggungjawab terhadap para peserta kursusUX.com juga, jadi mengajar ngga asal ngajar. 

Ada beberapa update nih yang ingin disampaikan, pertama tampilan kursusux.com sudah ganti, lho juga beserta halaman aksesnya, tapi beberapa yang sudah cek email dari kursusUX.com berarti sudah tau ya. So far, saya membuat semua tampilan ini dengan wordpress menggunakan plugin Elementor, no coding ya. Dan saya memang tidak menggunakan theme topik LMS (Learning Management System), jadi masih dibuat manual semua sistem layout di dalamnya. Maka bagi teman-teman yang pernah memberi saran agar tampilannya dibuat -dimana yang saya tangkap yaitu berupa pembelajaran online seperti Udemy dll- ya memang tool-nya belum menggunakan yang seperti itu. Beberapa online course desain grafis/visual (lokal) juga memang ada yang masih pake sistem manual. Tapi semoga saja nanti bisa terealisasi menggunakan LMS.

Oh iya, terkait judul di atas, sebagai insight saja ya, bahwa materi yang saya buat ini sudah berdasarkan pengalaman saya 1 dekade hehe, memang…memang ngga semua perusahaan tempat saya kerja menerapkan dan paham desain proses ideal, tapi dengan pengalaman selama itu insya Allah saya bisa berpikir dan menyusun materi sedemikian rupa di saat saya sudah tau proses yang ideal seperti apa. Konsep pembelajaran berdasarkan desain process secara berurutan ini setau saya belum ada atau masih sangat jarang sampe saya belum nemu, kecuali setelah kursus UX ini dibuat ya, yang Google-Google itu lho. Dan memang namanya desain process itu tahapannya bisa sedikit bergeser dan berbeda satu sama lain, bahkan perusahaan-perusahaan juga kalau sudah pede, ada yang mematenkan atau mengklaim punya design process sendiri yang suka dipajang di website-website mereka, namun intinya biasanya sih sama saja.

Nah, jadi jika ada yang mempertanyakan gimana sih materi kursusux.com ini? urutannya kaya gini tuh darimana? nah, jikapun ada yang bergeser itu sangat normal, jadi bukan kaya darurat gimana gitu. Tapi qodarulloh (takdir Allah), so far sih banyak juga data-data atau sumber yang membenarkan. Seperti misal kenapa sih materi A cuma beberapa menit, lah memang kursus online kan begitu dimana-dimana. Lalu sesuai judul di atas misalkan, ‘GIMANA CERITANYA ‘SYNTHESIZE DATA TO DESIGN ADA DI IDEATION??’, memang saya TIDAK ‘mencontek’ materi (terlepas dari mencontek pun sah saja ya asal ngerti, kan mengajar juga butuh panduan seperti hal-nya guru punya buku panduan), tapi semua berdasarkan pengalaman juga dan logika thinking saya, tentu referensi ada saja, saya juga sambil liat-lihat materi course luar sebagai inspirasi. 

Nah terkait pertanyaan yang tadi ini, kita bisa buktikan di film dokumentar terbarunya milik Invision yang berjudul ‘SQUADS’. Teman-teman, di sini saya asumsikan banyak yang sudah subscribe ke mailing list nya Invision, pasti dapet link pendaftaran akses nontonnya atau digoogling juga ada koq. Nah, di situ ada tuh diperlihatkan bahwa Synthesize data to design itu ya di IDEATION LAH!! memangnya mau di bagian mana? hehe, untung tidak saya rubah-rubah materinya, karena secara logika pun sudah pas. Yang berkata di film tsb juga bukan sembarangan, yaitu Leah Buley, penulis buku terkenal ya, The UX Team of One, juga Director of User Research di lovevery (hehe, maaf, tante…bukunya belum tamat saya baca -ceritanya kenal, sok muda sekali ya saya 🤦🏻‍♀️).

Selain itu juga saya menulis blog di UXDesign.cc dan satu lagi di sister site nya bootcamp.uxdesign.cc. Sudah saya update di email para member/peserta ya kemarin. Ada template juga di Figjam (Figma tool) yang saya buat untuk dokumentasi Proposing Design Solution terutama jika bekerja di startup kecil.